Jumat, 12 November 2010

SMP Negeri 2 Bitung sebagai Sekolah Adiwiyata


Bitung, (Antara News) - Ratusan Kepala Sekolah (kepsek) Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Minahasa mengunjungi SMP Negeri 2 Bitung penerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2010, Jumat.
Sekretaris Dinas Pendikan Olah raga dan Pemuda Minahasa, Jemmy Maramis mengatakan kunjungan tersebut untuk memberikan wawasan kepada para Kepsek tentang penataan lingkungan.
"Melalui kunjungan ini, para guru akan belajar banyak tentang bagaimana melakukan penataan lingkungan sekolah yang baik," kata Maramis.

Jemmy Maramis mengatakan dari kegiatan ini guru- guru memotret kondisi yang ada dilapangan untuk nantinya dapat diterapkan pada sekolah masing-masing.

Sehingga diharapkan para Kepsek tersebut dapat memanfaatkan sebaik-baiknya kunjungan itu supaya memberikan manfaat dalam penanganan lingkungan sekolah di Minahasa.

"Diharapkan pada tahun 2011, minimal terdapat satu sekolah di Minahasa menjadi penerima Adiwiyata," katanya.

Kepsek SMP Negeri 2 Bitung Julius Ondang mengatakan sekolah tersebut mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri.

"Dalam menjaga lingkungan sekolah tersebut, maka peran oran tua dan seluruh siswa serta kerja sama dengan para guru sangat penting," katanya.

Dia mengatakan penilaian untuk adiwiyata bukan saja dengan melihat kondisi lingkungan yang ada dari sekolah itu, tetap ada juga empat komponen lain yang mendukung.

Seperti kebijakan sekolah, tentang visi misi sekolah tersebut tentang lingkungan, pemanfaatan sumber daya alam dengan memanfaatkan secara baik sumber air yang dimiliki dan penghematan listrik.

Serta pengalokasian anggaran sekolah minimal sekitar 10 persen untuk kegiatan lingkungan dan partisipasi dari siswa itu dalam menjaga lingkungan baik di dalam maupun di luar sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar